Selasa, 02 Februari 2016

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP 2013

Rencana pelaksanaan pembelajaran RPP 2013 ,- Berikut ini kami informasikan mengenai rencana pelaksanaan bembelajaran berdasarkan kurikulum 2013 yang tersedia pada file power point yang bisa di unduh di web resmi kementerian pendidikan dan kebudayaan PAUD yang kami kemas dalam sebuah tulisan.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran :

  • Rencana pelaksanaan pembelajaran harus dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran.
  • Rencana pelaksanaan pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik ( Usia, Sosial, Budaya dan Kebutuhan Individual ) anak yang terlibat dalam pembelajaran.

Mengapa Harus Membuat RPP ?
  • Sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran.
  • Mendukung dalam keberhasilan pembelajaran.
  • Mengarahkan guru untuk menyiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan.
  • Mengarahkan guru untuk membangun sikap pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dimiliki anak didik.

Alur Perencanaan Pembelajaran



Rambu-rambu Penyusunan Pelaksanaan Pembelajaran
  • Berorientasi pada standar tingkat pencapaian perkembangan anak ( STPPA ).Berisi kompetensi dasar ( KD ) yang diambil dari ( Kl 1, Kl 2, Kl 3, dan Kl 4 yang dapat mengembangkan nilai agama dan moral, motorik, kognitif, bahasa, sosial emosional dan seni.
  • Berisi muatan/materi pembelajaran dari KD yang dipilih.
  • Memilih kegiatan selaras dengan muatan/materi pembelajaran mengembangkan kegiatan main yang berpusat pada anak.
  • Menggunakan pembelajaran tematik.
  • Mengembangkan cara berfikir saintifik ( Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengasosiasikan, Mengomunikasikan ).
  • Berbasis budaya lokal dan memanfaatkan lingkungan alam sekitar sebagai media bermain anak.

Apa Itu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ?
  • Rencana pembelajaran dikembangkan secara rinci dari satu tema tertentu yang mengacu pada kurikulum.
  • Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik ( Usia, Sosial Budaya, dan Kebutuhan Individual ) anak yang terlibat dalam pembelajaran.
  • Rencana pembelajaran harus dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran.

Mengapa Harus Membuat RPP ?
  • Sebagai acuan guru dalam melaksanakan pembelajaran.
  • Mendukung keberhasilan dalam melaksanakan pembelajaran.
  • Mengarahkan guru untuk menyiapkan alat serta bahan yang diperlukan.
  • Mengarahkan guru untuk membangun pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan bisa dimiliki anak didik.

Jenis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  • Program Semester ( PROMES ).
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan ( RPPM ).
  • Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH ).

Program Semester
  • Perencanaan program semeter berisi daftar tema dan sub tema dalam satu semester, serta kompetensi dasar yang dipilih pada tema tersebut, termasuk alokasi waktu setiap tema dengan menyesuaikan hari efektif kalender pendidikan yang bersifat fleksibel.
  • Penentuan tema dapat dikembangkan oleh satuan PAUD atau mengacu pada contoh tema yang ada dalam panduan.

Rangkuman
  • Pembelajaran PAUD merujuk pada Kompetensi Dasar.
  • Pencapaian pembelajaran untuk mengukur Kompetensi Dasar.
  • Pembelajaran PAUD BUKAN menekankan pada penguasaan materi.
  • Pada pembelajaran PAUD hal yang terpenting adalah proses belajar yang menumbuhkan anak senang belajar, senang melakukan proses saintis.

Kembangkan Materi 
  • Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak.
  • Memperluas pengalaman bermain yang bermakna.
  • Menumbuhkan minat belajar anak.

PRINSIP PEMILIHAN TEMA
  • Kedekatan.
  • Kesederhanaan.
  • Kemenarikan.
  • Keinsidentalan.

TEMA | Tema dapat disusun/dibangun dengan cara sebagai berikut
  • Pilihan Pertama : Memberikan anak dengan gambaran umum tentang "TEMA" atau "TOPIK" selama 2 sampai 3 minggu.
  • Pilihan Kedua : 
    Minggu Pertama : Memberikan pengenalan umum tentang "TEMA".
    Minggu Ke2 s/d Ke4 : Fokus pada bagian khusus.
    Contoh pada tema "AKU" :
    - Minggu pertama : Pengenalan umum dengan tema "AKU".
    - Minggu kedua : Fokus pada subtema identitas.
    - Minggu ketiga : Fokus pada subtema anggota tubuh.
    - Minggu keempat : Fokus pada kesukaan.

LEMBAR KERJA .1 
AYOoo... MEMBUAT TEMA BERDASARKAN PERINSIP-PERINSIP DI ATAS


Bagaimana Caranya ?
  • Pahami inti muatan dari setiap Kompetensi Dasar. Kemampuan apa yang diharapkan dari KD tersebut.
  • Pahami keluasan cakupan materi yang termuat dalam KD.
  • Pahami kedalaman materi yang sesuai dalam tahap perkembangan anak.
  • Sesuaikan dengan visi yang ingin diwujudkan serta tujuan yang ingin dicapai pada anak didik selama belajar disatuan PAUD.
  • Tentukan prioritas materi yang mendukung pencapaian KD.
















~ PROGRAM SEMESTER ~






LEMBAR KERJA 2
Buatlah Program Semester dan tentukan TEMA, Sub Tema serta Kompetensi Dasar yang dipilih dan alokasi waktu untuk masing-masing tema tersebut.



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan ( RPPM )
  • Perencanaan program mingguan merupakan rencana kegiatan yang disusun untuk pembelajaran selama satu minggu.
  • Diturunkan dari program semester.
  • Berisi subtema muatan/materi pembelajaran dan rencana kegiatan.
  • Muatan/materi pembelajaran dikembangkan dari KD dan dihubungkan dengan Tema/Subtema yang dipilih.
  • Merencanakan kegiatan adalah memilih kegiatan yang mampu mewujudkan seluruh muatan/materi pembelajaran yang telah dipilih kegiatan yang bersifat rutinitas dimasukan kedalam SOP, Kecuali terdapat materi baru.



LEMBAR KERJA 3
Buatlah Rencana Pembelajaran Mingguan 



Rencana Pembelajaran Harian

Cara membuat RPPH
  • Pilih beberapa kegiatan yang ada di RPPM.
  • Sesuaikan dengan pendekatan pembelajaran yang digunakan oleh lembaga.
  • Kegiatan berisikan pembuka, inti, dan penutup.
  • Penyusunan kegiatan harian disesuaikan dengan kondisi dan potensi yang dimiliki satuan pendidikan.
  • Kegiatan harian dibuat oleh guru/pendidik baik itu perorangan maupun kelompok.

ISI RPPH
  • Nama Lembaga, Semester/Minggu ke, Hari/Tanggal, Kelompok Usia.
  • Tema/Subtema
  • Tujuan materi atau muatan pembelajaran.
  • Kegiatan pembelajaran meliputi ; Pembuka, Inti, dan Penutup ( Pijakan sebelum main, saat main, dan setelah main ).
  • Kegiatan main ( Minimal empat variasi kegiatan ).
  • Alat dan Bahan.
  • Rencana Evaluasi.

Catatan
  • Kegiatan yang bersifat rutin dijadikan Standar Operasional Prosedur ( SOP ).
  • Jika KD atau Muatan/Materi pembelajaran belum didapatkan anak pada tema yang dirancang maka KD tersebut dapat terus dikembangkan pada tema yang lain dalam bentuk kegiatan yang berbeda.


Media Kegiatan : Alat dan Bahan ( Contoh serta Persiapan )
  • Menyusun Huruf : Kartu huruf, Kosakata tentang anggota tubuh.
  • Klasifikasi : Kancing baju, Meronce, Makaroni Huruf, Buah-buahan.
  • Menggambar : Kertas, Krayon, Pensil, Pensil Warna, Buku-buku.
  • Menggunting Pola : Kertas Pola, Kertas HVS, Spidol, Penggaris, Gunting.
  • Membuat Buku : Kertas HVS dengan pola garis lurus, Kertas Jilid, Gunting, Pensil Warna/Krayon, Sepidol, Steples.
  • Huruf Misteri : Majalah, Koran Bekas, Sepidol Warna.
  • Mencocokan Huruf dengan Benda : Matras angka, Buah-buahan Kecil.
  • Puzzle : Puzzle Tubuh / Anggota Tubuh.

PENERAPAN SOP PEMBUKAAN 
Catatan : Setiap kegiatan melibatkan saintifik ( Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan )

Pembukaan/Pijakan Sebelum Main :
  • Diskusi tentang dan tanggal hari ini.
  • Diskusi tentang tubuh dan anggota tubuh.
  • Mengamati diri sendiri ( Ciri-ciri atribut yang dikenakan ).
  • Mengenal huruf "Tt".
  • Diskusi tentang rasa syukur atas tubuh dan anggota tubuh sebagai ciptaan tuhan.
  • Berdiskusi tentang cara merawat tubuh dan tentang bagian-bagian tubuh yang boleh dan tidak boleh disentuh.
  • Mencontohkan komunikasi yang benar dan tepat.
  • Mengenalkan kosakata yang berkaitan dengan anggota tubuh.
  • Menyepakati aturan, sikap, dan cara bermain.
  • Berdoa sebelum bermain.

Inti Pijakan Saat Main :
  • Guru bergerak bebas diantara anak yang sedang bermain dan tau kapan harus masuk dan keluar.
  • Guru memberi dukungan ( scafholding ) kepada anak yang membutuhkan pijakan sambil terus memberikan informasi yang berkaitan dengan anggota tubuh.
  • Guru mencatat pilihan main anak.
  • Guru mencatat tahap perkembangan main anak.
  • Guru memberikan dukungan kepada anak untuk dapat menaikan tahapan mainnya.
  • Mencontohkan komunikasi yang baik dan benar.
Penutup/Pijakan setelah Main : 
  • Beres-beres ( Merapihkan kembali alat main ).
  • Diskusi mengenai perasaan diri selama melakukan kegiatan bermain.
  • Anak menceritakan pengalaman main yang telah dilakukan ( Diharapkan setiap anak mendapat kesempatan yang sama untuk dapat menceritakan pengalaman mainnya ).
  • Penguatan pengetahuan tentang tubuh / anggota tubuh.
  • Guru menyampaikan harapannya kepada anak tentang kegiatan yang akan datang baik tentang prilaku, sikap, dan pengetahuan awal tentang tema/sub tema yang akan dibahas kemudian.
  • Bernyani.
  • Berdoa.
Rencana Evaluasi :
  • Sasaran penilaian mengacu pada KD yang akan dicapai ( Mengacu pada indikator sebagai penanda perkembangan ).
  • Teknik pencatatan ( Anekdotal, Catatan Observasi, Hasilkarya ).




Catatan :
  • Pada bagian akhir RPPH ditandatangani oleh kepala PAUD dan Guru yang bersangkutan.
  • Dapat pula ditambahkan/dilampirkan :
    - Cara mengevaluasi.
    - Kosakata yang ingin dikenalkan kepada anak.
    - Lagu-lagu yang akan dinyanyikan selama kegiatan pembelajaran.
    - Pengetahuan terkait tema/sub tema yang sedang dibahas.

Lembar Kerja 4
Buatlah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian ( RPPH ) sesuai dengan pendekatan/model pembelajaran yang digunakan dilembaga masing-masing.



*** TERIMAKASIH SEMOGA BERMANFAAT ***



Dapatkan Majalah Bulanan dan Paket Materi Satu Tahun PAUD yang mana materi telah disesuaikan dengan Kurikulum Terbaru KURIKULUM 2013 | KURTILAS | K-13 dibawah ini :

Majalah Bulanan TK/Umum


Majalah Bulanan RA/TK Islam
Paket Materi 1tahun
Untuk Infomasi Pemesanan/Keagenan Silahkan Hub Kontak Dibawah ini :

Phone : 085 324 431 055

BBM : 5820C4C5